Slowing Down

Slowing Down

Zakiego

Zakiego

@zakiego

Tepat pada hari ini, genap terhitung seminggu menjadi warga desa. Dalam beberapa hari terakhir, terjadi perubahan amat drastis tentang bagaimana saya menjalani hidup.

Menjadi lebih lambat, tapi pada saat yang bersamaan merasa menjadi lebih hidup.

Dalam rutinitas yang biasa dijalani, setelah bangun tidur, sarapan, kemudian duduk di depan laptop hingga sore hari. Sering sekali, waktu tersebut masih belum cukup, akhirnya berlanjut hingga malam hari.

Duduk di depan layar dengan otak yang terus bekerja, membuat waktu benar-benar tak terasa.

Pernah sekali waktu, saking fokusnya, dari pagi sampai sore, mengerjakan kodingan yang menyenangkan, saat sudah selesai, saya benar-benar seperti baru kembali dari dunia lain. Waktu yang berlalu seperti satu kedipan mata. Bukan, ini bukan melebih-lebihkan. Ini kenyataan.

Saya merasa ‘hilang’ dari diri sendiri. Untuk mengembalikannya, biasanya perlu mencari teman mengobrol atau berolahraga, agar bisa kembali merasa hidup.

Semua yang diceritakan di atas, tidak terjadi ketika saya berada di desa. Kenapa?

Hal pertama tentu karena sedang menjalani KKN, waktu yang ada fokus untuk mengerjakan program yang telah direncanakan. Penyebab lainnya adalah karena jaringan di sini lambat. Kalau ditanya apakah ada jaringan, ada. Tapi, jaringan di dalam ruangan sangat buruk, perlu meletakkan hape di ventilasi ruangan agar jaringan menjadi ha plus.

Dengan semua penyebab itu, waktu untuk berhadapan dengan layar sangat berkurang. Saya menjadi lebih banyak berbicara dengan teman dan menikmati waktu, satu hal yang akhirnya saya temukan kembali.

Bahkan, kalau bukan di sini, saya hampir-hampir tidak akan menemukan keadaan “gabut”. Dalam rutinitas yang biasa dijalani, saya sangat sulit untuk merasa gabut, hampir setiap waktu yang kosong akan selalu ada hal yang dikerjakan. Sampai-sampai, ketika di ujung malam, merebahkan badan untuk tidur, di kepala masih berputar banyak hal, amat banyak sesuatu yang ingin dikerjakan.

Waktu dua puluh empat jam masih tidak cukup.

Time to slow down.


Mulai ditulis pada Sabtu, 23 Juli 2023.

Diselesaikan pada Minggu, 24 Juli 2023 19:48 di Kantor Desa Bambangin.